Jalan Sesama

“hai, bergabunglah, bersama kita semua, mengenal huruf dan angka, hal yang baru kita cari bersama…. ” demikian penggalan lagu Jalan Sesama yang menurutku cukup manis dan enak banget diikuti apalagi anak kecil. Program hasil kerja sama banyak pihak ini dari direktorat pendidikan anak usia dini, creative indigo, sesame workshop dan usaid ini cukup menyita perhatian.

Jalan Sesama, adaptasi dari program anak di AS yang berjudul Sesame Street cukup hebat banget. Pendekatan keindonesiaannya cukup kental melalui beragam tokoh yang ditonjolkan. Lihat saja, tantan yang notabene orang utan, satwa khas kalimantan, putri, jabrik (badak bercula satu yang ada di ujung kulon) dan momon yang dekat banget dengan masyarakat Indonesia.

Program menarik ini cukup diacungi jempol. Anak-anak dididik melalui GatotKata, mengenal lingkungan, bernyanyi bahkan membaca yang sebenarnya masih jauh dari masyarakat kita. Jalan sesama ingin menunjukkan betapa pendidikan itu begitu teramat penting. Lihat saja tokoh bu iyem yang seorang pedagang sayur, tapi dia juga menjaga taman bacaan plus pandai berkomputer ria. Suasana baca begitu kental ditiap episodenya dan jalan sesama sendiri juga memiliki taman bacaan. Hal ini juga menjadi contoh banyak terbentuknya taman bacaan di RW2.

Tak kurang hal tolong menolong juga disiratkan di program ini. Agen rahasia 123 selalu memberi contoh bagaimana kalo kita itu selalu saling membutuhkan. Semoga aja program ini terus berjalan dengan baik.

5 pemikiran pada “Jalan Sesama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s