Batik Days

Indonesia punya banyak ragam budaya salah satu diantaranya adalah batik. Batik begitu populer sampai saat ini bahkan jadi trade mark favorit bagi semua kalangan, hal ini terjadi karena klaim Malaysia akan Batik. So aksi dan reaksi muncul dari dinyatakannya Batik sebagai bagian budaya dari Malaysia, tak urung membuat gerah semua kalangan. Tapi dari aksi Malaysia tersebut kita makin cinta akan budaya bangsa yang sebelumnya mungkin hanya segelintir atau golongan tertentu saja yang mempergunakannya.

Batik telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya pada oktober 2009, dan sejak saat itu ditetapkan sebagai hari batik nasional. Regulasi pemerintah menetapkan hari batik nasional inilah, yang membuat warga Indonesia kembali mengenakan batik di semua lini, terkadang batik hanya ada di panggung resmi saja. Terinspirasi dari gerakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Jawa Timur menetapkan hari batik menjadi 2 hari, yang semula hanya jumat, kini di tiap instansi pemerintah, mewajibkan para karyawannya di hari kamis dan jumat untuk mengenakan batik.

Tidak berhenti disitu saja, Universitas Airlangga juga mengikuti gerakan tersebut dengan gerakan seluruh elemen fakultas dengan menggelar Airlangga Batik Days selama 2 hari yakni kamis dan jumat. Semuanya patut diacungi jempol semua gerakan ini, siapa lagi kalo kita yang ga melestarikan. 

Emang semenjak ada gerakan ini, semua makin menggeliat, usaha2 batik pun makin menjamur bahkan model batik pun makin kreatif dan disesuaikan dengan semua kalangan. Aq yang notabene dulu ga suka ma batik, kini makin suka sama batik, bikin keran dan tentunya nyaman buat suasana apa aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s