Bincang Siang : Sentuhan Jurnalis Republika

Rabu, kalender 9 juni 2010 yang lalu, perpustakaan kembali mengadakan perbincangan, kali ini yang menjadi narasumber adalah Bapak Asep K Nur Zaman, beliau adalah wartawan senior di Republika semenjak tahun 2000 hingga saat ini. Sebelum berkarir di Republika beliau terlebih dahulu mengenyam pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Bandung dari tahun 1989 hingga 1994, namun yang unik, beliau tidak berasal dari Jurusan Jurnalistik namun dari Jurusan Hubungan Masyarakat.

Perbincangan yang dimulai kurang lebih pukul 13.00 wib ini dibuka langsung dengan sesi tanya jawab. Banyak mahasiswa yang cukup tertarik dan antusias terhadap semua paparan dari narasumber. Bapak Asep mulai bercerita tentang Republika, yang saat itu terbit di tahun 1993 di bawah bendera Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia. Republika hadir sebagai media umum yang menyejukkan umat Islam dengan hadirnya beragam rubrik yang membangun kerohanian diantaranya Islam Digest, Khazanah dan Dialog Jumat.

Menurut penuturan Bapak Asep, Republika hadir sebagai vitamin yang mampu memberikan kebugaran, kesehatan bagi setiap pembacanya, hal ini tercermin dengan beragam berita yang ditampilkan, tidak selalu mengikuti arus dan biarlah media lain yang memuat berita-berita yang bombastis. Bapak Asep juga bercerita tentang hal pertamanya tertarik akan dunia jurnalistik adalah saat ia duduk di bangku kuliah. Saat itu terjadi banjir di daerah Bandung, dan beliau beserta rekan-rekan diberikan kepercayaan untuk pertama kalinya meliput untuk tugas majalah dinding di kampusnya.

Menjadi seorang jurnalis tentunya diwajibkan untuk mampu menulis dan yang terpenting pula adalah sering membaca dan ini perlu diasah terus menerus sehingga kemampuan menulis kita lebih baik lagi. Memang tidak mudah untuk menjadi jurnalis karena dituntut untuk dapat mengejar deadline atau bahkan mampu membaca situasi kondisi dimana kita ditempatkan. Beliau juga menceritakan kalau tes perdana saat menjadi jurnalis adalah ditempatkan di suatu tempat yang tentunya belum ditentukan untuk menulis.

Moto yang paling menarik dari beliau adalah mengabdi untuk agama dan untuk menghubungi beliau bila diantara kalian tertarik untuk sharing dengan republika silahkan ke Jalan barata jaya 51 Surabaya.

Info ini bisa disimak juga di http://www.lib.unair.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s