Liputan Dialog AmCor Maret 2013

Image

Dialog AmCor Selasa 5 Maret 2013 “Ekonomi AS Menjadi Barometer Ekonomi Dunia”

Semenjak berakhirnya Perang Dunia ke 2, ekonomi di negara-negara yang terlibat begitu terpuruk dan hanya AS saat itu yang masih begitu kokoh sehingga di tahun 1947 ditetapkanlah Dollar AS sebagai mata uang pembayaran internasional dan seluruh transaksi perdagangan maupun investasi menggunakan mata uang ini.

Dollar AS begitu kokoh terhadap mata uang Rupiah Indonesia karena beberapa faktor salah satu diantaranya adalah keterikatan impor, hutang negara maupun korporasi serta daya konsumsi masyarakat yang selalu membutuhkan mata uang negeri paman sam ini. Ketergantungan akan AS pun terlihat dari investasi yang diberikan di negara ini ataupun di negara-negara dunia lain melalui perusahaan-perusahaan multinasionanya yang terkenal dengan MNC atau Multi National Corporation. Dari perusahaan-perusahaan multinasional tersebut, AS mengusai lebih dari separo dari 5000 MNC yakni sekitar 3000 MNC. Perusahaan multinasional AS tersebar dari beragam lini bukan hanya CocaCola dan McDonald yang selalu didemokan namun ragam bahan baku terkecil dari industri pun mengandalkan perusahaan-perusahaan AS.

Perusahaan multinasional AS pun tersebar dari elektronik, edukasi, software, otomotif, eksplorasi, kuliner, fashion, online hingga entertainment. Untuk mengatasi ketergantungan akan AS dan Dollar tentu negara kita harus seperti AS yang memiliki MNC lebih banyak lagi. Usaha ini telah dimulai oleh China dan India yang ekonominya terus tumbuh bahkan China sendiri mampu membeli perusahaan otomotif Eropa yakni Volvo melalui Geely. Indonesia memang terus tumbuh ekonominya, pada pemerintahan SBY ini saja, devisa negara kita pun mengalami kenaikan dibandingkan pemerintahan sebelumnya, namun sangat disayangkan konsentrasi pemerintah yang selalu terjebak dengan urusan dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s