Festival Budaya Pustaka yang ironis

image

Membangun memang mudah namun merawat sungguh susah begitu kata yang tepat saya ungkapkan untuk mengkritisi kebijakan Badan Perpustakaan Kota Surabaya dimana sang Kepalanya mengungkapkan kalau dia telah membangun banyak taman bacaan di berbagai tempat namun bagaimana pemanfaatan dan programnya tercermin dari satu taman bacaan yang ada di Taman Flora yang jauh dari pelanggan.

Kembali ke topik awal, harusnya taman bacaan menjadi lokomotif yang dipromosikan di event besar yang katanya untuk menyambut Sumpah Pemuda & Hari Pahlawan ini ternyata melenceng jauh. Dari pengamatanku selama 2 hari diadakannya event tersebut ada beberapa catatan yang harus menjadi introspeksi bagi Badan Perpustakaan Kota Surabaya yang menjadi pihak penyelenggara dianyaranya :
1. Selama berlangsungnya acara, hanya berpusat di dekat panggung, pengenalan audience yang hadir akan taman baca di taman flora kurang karena mereka tidak diajak untuk berkunjung apalagi ke stan-stan yang hadir.
2. Lebih berkonsentrasi terhadap pentas budaya dibanding pustaka yang harusnya porsinya diperbanyak.
3. Saat itu ada Guruh Sukarno Putra yang hadir namun beliau datang bukan untuk mengunjungi taman bacaan tetapi hanya sebagai narasumber seminar, seharusnya penyelenggara mengajak beliau untuk ke taman baca dan mengajak masyarakat rajin kesana.
4. Pembangunan taman baca memang bagus, namun seharusnya disertai pelayanan prima dari petugasnya lihat saja bagaimana toko buku yang selalu ramai dikunjungi.

Demikian tulisanku tentang event besar ini, semoga mampu menjadi catatan berharga di penghujung tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s