Internet, pelengkap hidup kita

Gambar

Dengan internet, dunia terasa begitu dekat bahkan apa yang tidak kita ketahui dibelahan lain, dapat kita ketahui dengan begitu cepatnya saat itu juga. Internet, semua ada disini, baik dari yang positif maupun negatif tinggal pintarnya kita untuk menyaring dan mengelolanya. Internet kini dapat dengan mudah diakses, dimana daerah tersebut memiliki jaringan selular atau kabel kita dapat terkoneksi atau bahkan menggunakan fasilitas gratis yang disediakan diantaranya WIFI. Dengan mudahnya kita mengakses internet untuk mengetahui semua hal, namun bagaimana bila koneksi yang kita inginkan terhambat karena beberapa faktor, sehingga kita tidak bisa mengaksesnya, faktor itu adalah :

1. Ketiadaan atau kepadatan jaringan

Saya akui bila saat ini jaringan yang mampu ke pelosok desa adalah Telkomsel, namun ada pula beberapa medan yang terkadang belum bisa dijangkau oleh sinyalnya diantaranya pegunungan-pegunungan di luar Pulau Jawa. Bagaimana kalai kita saat itu berada di jaringan yang tidak memiliki sinyal, tentu internet tidak dapat diakses atau bahkan update status atau ngetwit tidak dapat kita lakukan. Menyerah dan menunggu sampai mendapatkan sinyal adalah cara terbaik saat kita mendapatkan musibah tersebut. Selain ketiadaannya jaringan, ada faktor lain yang tidak bisa kita lakukan saat kepadatan jaringan melanda dan ini bisa terjadi kapan saja khususnya di jam-jam peak season. Kita pun disini hanya bisa bersabar untuk kembalinya jaringan secara normal.

2. Kuota / Pulsa / Uang

Faktor yang kedua ini bisa melanda siapa saja yang keranjingan internet bukan hanya untuk media sosial namun kegiatan bisnis. Untuk faktor yang kedua ini selalu bisa disiasati diantaranya berlanggan internet yang memakai sistem pasca bayar atau berlanggan dan setidaknya kita harus memiliki dana khusus sehingga kesempatan untuk berinternetan tidak hilang begitu saja.

Internet sudah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan di era informasi saat ini, untuk itulah kita juga dituntut agar mampu mempergunakannya sebijak mungkin. Sehari tanpa internet mungkin pernah kita alami saat 2 faktor itu hinggap dan kita tetap hidup kan? Untuk itulah internet makin melengkapi hidup kita namun dia bukan segala-galanya. Sehari tanpa internet bukan sebuah jargon untuk kita mendewakan internet namun kalau sehari tanpa oksigen tentunya kita akan mati, betul ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s