Action NOW!

IMAG5652

Pengalaman adalah guru yang paling dahsyat, tidak ada cara belajar yang lebih hebat dibandingkan dengan belajar dari pengalaman diri sendiri. ā€“ Harianto Tian

Saat pertama mengetahui buku ini, The Power of Action, saya sangat tertarik dengan warna dan gambar dari sampul bukunya. Saya begitu menyukai buku-buku berbau motivasi dan ternyata buku ini recomended banget utamanya buat kaum muda, namun tidak ada kata terlambat untuk mengubah hidup anda bahkan saya. Sekarang, saya ingin bertanya pada diri anda, sudahkah anda memiliki tujuan hidup? Bila belum tentukan mulai sekarang, bila sudah ayo tetapkan langkah dan beraksilah mulai detik ini juga.

Penuturan dalam buku ini begitu lugas, menarik dan begitu otentik dengan bahasa yang mudah dipahami siapa saja. Ada kisah yang begitu menyentuh hati (Amenk dan Kokonya) dan dari sana kita akan belajar untuk mengucapkan syukur yang begitu mendalam atas apa yang telah dimiliki. Kutipan menarik kata-kata di setiap bagian babnya membawa kita terus ingin membaca sampai habis.

Harianto Tian, begitu nama lengkapnya, menuturkan kisah Amenk kecil yang tinggal di ibu kota Kalimantan Barat Pontianak, hingga pindah ke rumah barunya di Singkawang. Amenk kecil begitu menyukai tantangan bahkan dia suka sekali membaca buku karena dari bukulah sumber pengetahuan sejati. Saat masih kecil, Amenk telah memiliki jiwa wirausaha. Pertama kalinya, dia berjualan es lilin dan menjajakannya. Es lilin yang dibawanya begitu laris manis saat dia menjualnya di tempat kawinan bahkan sampai harus menambah pasokan. Pelajaran paling berharga adalah pengalaman dalam diri sendiri, begitulah yang dituturkan oleh Pak Hari. Amenk kecil begitu sadar bila berdagang di tempat ramai, tentunya akan menghasilkan banyak uang. Demikian pula saat dia mulai usaha biliar, namun sebelumnya dia juga memulai usaha membuat layang-layang namun banyak hal yang membuat usahanya kurang begitu disukai.

Usaha biliar dilakukan oleh Amenk saat beranjak mau memasuki usia masuk SMA. Bersama dengan sahabatnya Amenk mendirikan usahanya tersebut dengan penuh semangat. Pencarian tempat, mendesain ruangan, bahkan terjun langsung merupakan tindakan yang patut ditiru. Amenk pun tak segan untuk ikut bermain bahkan memberikan pelayanan agar pelanggan puas. The power or mouth atau yang lebih dikenal dengan promosi dari mulut ke mulut begitu efektif membuat usaha biliar Amenk menjadi favorit di Singkawang. Kreativitas pun ada dalam usaha tersebut diantaranya melibatkan para jagoan biliar untuk singgah dan bermain di tempat biliar Amenk. Patut diketahui bila usaha Amenk di tahun pertama sukses namun harus berpindah tempat karena sang pemilik tempat ternyata juga meniru usaha yang sama, tetapi Amenk tidak kehilangan akal sehingga di tahun kedua dia bangkit meski berlokasi di tempat baru.

Sejak kecil, ternyata Pak Hari telah memiliki impian bahkan tujuan, nah inilah yang terpenting. Saat beliau kecil, dia telah menuliskan untuk meraih mimpi dengan menggapai uang senilai 2 miliar sebelum berusia 35 tahun. Tulisan impian inilah yang memacu dirinya untuk selalu dan selalu mewujudkannya. Pak Hari sendiri juga merevisinya saat bisnisnya di Jakarta mulai beranjak naik dengan tujuan meraih 5 miliar sebelum berusia 35 tahun. Pak Hari menyarankan, tujuan hidup kita perlu diketahui oleh teman atau orang-orang terdekat sehingga mampu memacu semangat dan akan berusaha mewujudkannya. Tujuan itu bisa ditempel dimanapun bahkan bisa menjadi wallpaper di gawai kita. Tujuan hidup tak akan terlaksana bila aksi nyata tidak dilakukan. Belajar dan belajar itulah yang disarankan.

Pak Hari sendiri memiliki cara jitu untuk melaksanakan program tujuan kita yakni dengan istilah TABEL yang merupakan kepanjangan dari Tujuan, Aksi, Belajar, Evaluasi dan Lanjutkan. Pak Hari begitu detil memaparkan istilah TABEL sehingga saat anda mengupas dan membacanya satu demi satu anda akan makin bersemangat mewujudkan impian anda. TABEL, istilah yang dibuat oelh Pak Hari akan sukses bila kita menyematkan diri pekerjaan itu layaknya sebuah permainan yang begitu menyenangkan. Saat kita menyenanginya, kita pun akan tanpa henti mengerjakannya. Rintangan apapun tentu akan terasa ringan karena kita membawanya dengan gembira. Pak Hari selalu mengingat masa kecil kala dia belajar naik sepeda. Keingingan yang begitu besar untuk bisa, karena orang lain bisa, dan itulah yang selalu menjadi denyut nadi kekuatan untuk melangkah. Bapak Hari juga sempat menceritakan kesuksesan dirinya berkat ATM. Istilah ATM sendiri merupakan kepanjangan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Dalam dunia bisnis apapun, ATM sangat diperlukan sehingga kita akan dituntut lebih kreatif dan tidak mengekor.

Banyak sekali penuturan menarik Pak Hari yang juga patut anda baca, diantaranya terletak dimanakah kita di tipe berikut, Quitter, Camper ataukah Climber. Suka tantangan dan membuat hidup anda lebih dari yang biasa, Climber jawabannya. Sekarang saatnya anda dan saya bisa, action!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s