Teknologi menggerus Aquarius

image

Anda salah satu pelanggan Aquarius? Atau minim pelanggan CD dan Kaset? Masih adakah di ruang musik anda benda tersebut atau kapan anda memutar terakhir kalinya? Era 90’an dan 2000’an kaset dan CD begitu berjaya bahkan melariskan bisnis ini bahkan banyak gerai bergengsi berdiri. Saat itu ada Aquarius dan Disc Tarra serta Tarra Megastore yang banyak mendirikan gerainya di beberapa kota di Indonesia.

Sewaktu beberapa gerainya masih buka, aku sering berkunjung ke tempat mereka, selain membeli kaset atau CD aku mencoba beberapa lagu saja yang selalu terpasang di ruang pamer mereka maklum mumpung gratis. Aquarius di Polisi Istimewa dan Disc Tarra TP Surabaya adalah tempat yang sering aku kunjungi namun kini keberadaan mereka sudah tiada lagi.

Teknologi terus begitu cepat berubah dan membuat mereka harus gulung tikar dan tidak bisa berkompetisi dengan media lainnya. Banyak faktor yang menjadikan mereka menutup usahanya diantaranya adalah :
1. Makin mudahnya pelanggan mengunduh lagu via internet.
2. MP3 yang berharga murah dan memuat banyak lagu serta mudah didapat.
3. Merajalelanya bajakan.
4. Berdirinya toko online digital yang menjual koleksi musik.
5. Belum siapnya toko manual tersebut dengan perubahan teknologi yang begitu cepat berubah sehingga mereka sebenarnya harus menyiapkan dan tak perlu menutup usaha.

Kini semua usaha bila tidak dibarengi dengan rencana ke depan dan apa yang akan dihadapi serta kompetitifnya persaingan tentunya usaha yang dijalani akan segera lenyap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s