Rindu Transportasi Publik Yang Cepat, Nyaman Dan Terjangkau

IMAG1829Mohon maaf sebelumnya Bapak Jokowi, bukannya saya sombong, namun saya bersyukur bisa menikmati karunia terindah merasakan transportasi publik yang nyaman dan terjangkau saat berada di luar negeri, bahkan saat saya berada di Jakarta saya juga selalu berusaha menikmati Trans Jakarta.

Bapak Jokowi yang terhormat, saya senang sekali mendapat kabar bahwa banyak bus baru diberikan di daerah-daerah bahkan akan menciptakan banyak LRT di kota-kota yang bukan hanya Jakarta. Saya sebagai orang daerah, sangat setuju dan saya senantiasa menunggu. Saya percaya, program transportasi publik yang nyaman dan terjangkau ini akan lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak. Banyak keuntungan yang didapatkan jika kita memanfaatkan transportasi publik semacam, LRT, MRT, bus ataupun sarana lainnya diantaranya :

  1. Tubuh menjadi makin produktif saat bekerja atau beraktivitas lainnya karena waktu kita tidak terbuang untuk berkendara atau polusi bahkan kita dituntut untuk selalu berjalan.
  2. Orang akan lebih mudah tertat hidupnya karena pengaturan waktu (terbiasa dengan aturan waktu setiap hari yang disesuaikan dengan jam-jam transportasi publik)
  3. Menciptakan banyak lapangan kerja baru karena adanya BUMD atau BUMN yang bergerak di bidang transportasi.
  4. Mengurangi jumlah kecelakaan pemakai sepeda motor karena intinya pengendara motor itu berpikir dengan menggunakan motor itu cepat namun belum tentu nyaman.
  5. Mengurangi jumlah pemakaian BBM.
  6. Meningkatkan jumlah kunjungan wisata di suatu kota karena aksesnya begitu mudah.
  7. Membantu orang sakit agar lebih cepat tertangani bila membutuhkan ke RS atau puskesmas karena jumlah kendaraan di jalan berkurang.

Bapak, bolehkah saya mengusulkan pada waktu dekat ini ditambahkan kereta-kereta komuter untuk jarak dekat di Surabaya. Komuter sekarang hanya ada 2 kali dan tidak bisa disesuaikan dengan jam kerja. Bisakah kereta komuter itu diciptakan seperti di Jakarta dan membentuk anak perusahaan baru dari PT KAI. Alangkah baiknya bila komuter ini melayani gerbang kertasusila (gresik,bangkalan,mojokerto,surabaya,sidoarjo,lamongan). Dengan banyaknya jam keberangkatan dan rangkaian kereta yang ditambah, tentu akan mendorong masyarakat memanfaatkan sarana kereta untuk bekerja, dari pada menunggu proyek monorel atau LRT atau MRT di Surabaya yang butuh waktu lama. Pemberdayaan bus-bus DAMRI sebagai BUMN penggerak transportasi publik bisa dimaksimalkan lagi dengan membuka rangkaian rute luar kota, yang bisa dipesan melalui aplikasi sehingga pas nanti lebaran bisa makin dimanfaatkan masyarakat.

Demikian Pak Jokowi usul dari rakyat yang sangat rindu akan transportasi publik dimanapun dengan cepat, nyaman dan tentu terjangkau.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s