Surabaya 724, Pertama dan Seterusnya

416955_10150586482997092_755890456_n

*(foto saat KKN BBM ke 45 2012 di Kecamatan Benowo Surabaya)

Selamat Ulang Tahun Surabaya, wah kalo bercerita tentang kota pahlawan ini ga akan ada habisnya loch. Pertama kali menginjakkan kaki di sini adalah tahun 1994, kalo ga salah waktu itu masih SMA dan mengikuti kegiatan lomba Paduan Suara Khusus untuk muda-mudi Katolik, dulu namanya Mudika yang sekarang berganti OMK. Namanya juga orang desa, masuk kota yo gumun, la wong semua ada, gedung-gedung tinggi menjulang. Seneng pokok. Nah yang menarik kala itu beli hamburger, he,,, la wong ndeso tuku burger, yo dipangan rotine tok, ga enak soale, padahal asline yo enak. Saat itu kami semua tim paduan suara dari Bojonegoro tidur di SDK St Catharina dan tidurnya di ruang kelas namun tetep bahagia. Namanya juga kumpul ama teman-teman sekampung.

Kita semua tidur di sana, dikarenakan tempat lomba ada di Unika Widya Mandala, wah coba kalo dulu ada medsos, pasti udah update status, bikin IG stories dll. Meski kalah, namun kita semua bahagia sudah nyampek di Surabaya. Pengalaman terlucu adalah aku selalu bawa radio, kala itu mereknya National dan ingin dengerin Suzana dan Radio Karolina, maklum penggemar berat sandiwara radio aku kala itu. Surabaya, di tahun aku datang pertama kali, ga sebegitu padat seperti sekarang atau ga kenal namanya macet, yah namanya juga tahun terus bergeser.

Setelah SMA, aku melanjutkan kuliah di D3 Teknisi Perpustakaan UNAIR dan harus menikmati kembali kota Surabaya. Ikut UMPTN ga lolos, waktu itu daftar IPS dan dapat tempat di Wonokromo, tidur di rumah pakde di Darmo Permai dan paling ingat selalu diantar mbak-mbaku yang manis kalo pagi. Dan akhirnya ikut tes D3, maklum waktu itu yang penting kuliah dan ketrima di negeri, padahal saat itu juga di tahun 1996 aku da daftar di Sastra Inggris UNTAG, namun aku cabut. Selama seminggu sebelum dapat kos, aku tinggal di rumah pakde.

O iya, setelah ga lolos UMPTN (jaman tahun 1996, sekarang namanya udah SBMPTN he,, jadi ketahuan deh umurnya berapa) dan abis daftar dari UNTAG, Aku bersama temanku Ferry, maen ke Radio Suzana buat request lagu di jam 12.30 WIB. Saat itu lagu yang hits adalah bermimpi. Wah seneng sekali bisa maen ke studio radio dan ketemu dengan penyiar-penyiar idola. Pernah juga sih mencoba lowongan penyiar radio Merdeka, namun gatot, ga bakat kali ya, bakatnya penyiar alias halo-halo di perpus akhirnya he,,,

Mengenal Surabaya dengan seambreg angkotnya yang buanyak banget rutenya, sampe bikin aku pernah salah naik angkot loch. Aku sih pengennya ke Karangmenjangan dari Joyoboyo, eh ternyata salah sampai Gebang Keputih, he,,, pengalaman yang tak terlupakan. Paling seru saat mo main dari Karmen ke TP, naiklah kita taxi berame-rame, biar murah, pikiran mahasiswa soalnya. Ternyata bener dapat murah. Cuman 10 rb waktu itu. Kalo sekarang ya naik Grab atau Uber ya.

Surabaya, kota seribu kenangan, di sini aku dapat kerja, mendapatkan pendamping hidup dan waktu itu sempat 7 kali mengikuti psikotest kerja di beberapa kota, ealah jebule kudu kon balik nang Surabaya dan bekerja sebagai PNS Perpustakaan di UNAIR, padahal dulu anti pati jadi PNS (jangan terlalu benci he,,,) Aku setelah D3 lanjutin S1 di UNPAD dengan jurusan yang sama. Di Surabaya pula aku bisa menikmati kuliah jurusan Akuntansi tahun 2008 yang aku idam-idamkan saat SMA. Dapat beasiswa dari UNAIR akhirnya aku merasakan kuliah di jurusan favorit anak IPS. Serasa mimpi. Meski ilmuku ga kepake di dunia kerja saat ini (ilmu Akuntansi) namun aku sangat bahagia, bisa menambah kemampuan ilmuku dan jadi muda lagi, kumpul anak-anak muda. (ingat film 17 again).

Surabaya, paling kasihan tuh daerah barat, belum terkelola dengan baik, namun aku percaya, bertahap kelihatannya. Semoga ke depan Kota ini punya MRT agar semua warga mobilitasnya bisa lebih hemat waktu dan uang. Berada di lokasi manapun, semua bakal bisa menjangkau.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s